Mahasiswa Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Raih Juara pada Ajang PEKSIMINAS XVII 2024

[Padang] Gisti Kartika, mahasiswi jurusan Sastra Indonesia Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia berhasil meraih juara dua pada Ajang Peksiminas XVII 2024 di Jakarta. Ia mengungkapkan bahwa kegemarannya di dalam dunia penciptaan (re:menulis) sudah dimulai semenjak sekolah SMA. “Semenjak SMA, saya sudah rajin mengikuti perlombaan menulis kreatif, seperti puisi, cerpen, dan opini,” ucapnya yang dikutip dari siniar Paraduta DBSI FBS UNP. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa kegemarannya menulis ini semakin terasah setelah menjadi mahasiswa dan bergabung ke dalam komunitas Kuliek di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang.

Dr. Zulfadhli, S.S., M.A., selaku Kepala Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian dan prestasi para mahasiswa Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. “Saya ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang sudah mengikuti dan mewakili ajang perlombaan Peksiminas XVII di Jakarta, semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi dan memantik semangat bagi seluruh mahasiswa DBSI agar terus berprestasi dan mengembangkan minat serta bakatnya,” imbuhnya.

Pada tahun ini, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang mengirimkan tiga orang perwakilan mahasiswa untuk tiga cabang perlombaan, antara lain Trividya Ramadhani, sebagai perwakilan cabang lomba membaca puisi puteri, M. Raphi Parhan Butar-Butar, perwakilan cabang lomba menyanyi keroncong putera, dan Gisti Kartika, perwakilan lomba menulis cerpen.

Sebagai tambahan informasi, Ajang perlombaan Peksiminas merupakan salah satu program pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Pada tahun ini, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 2-7 September 2024 di Universitas Negeri Jakarta. (HYS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *