Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia FBS UNP Sukses Gelar FAFSI I


Padang–Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia sukses selenggarakan FAFSI I (Festival Adaptasi Film Sastra Indonesia I) pada Selasa (10/6).
Terdapat 21 film yang berhasil diadaptasi dari cerita pendek oleh mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia sebagai proyek akhir perkuliahan mata kuliah Ekranisasi dan Transformasi Budaya dan Sinematografi Sastra pada penyelenggaraan FAFSI I tahun ini.
Dr. Zulfadhli, S.S., M.A., selaku Kepala Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah menyampaikan, bahwa generasi muda saat ini dituntut untuk serba bisa, multitalenta, dan peka terhadap perkembangan zaman.
“Anak sastra saat ini dituntut untuk multitalent, kreatif, dan serba bisa sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Dengan dilaksanakannya FAFSI I ini, membuktikan bahwa mahasiswa Sastra Indonesia FBS UNP memiliki skill penulisan skenario film.”
Lebih lanjut ia juga mengungkapkan para mahasiswa akan diwajibkan untuk mengikuti ujian kompetensi penulisan skenario program siaran televisi yang sertifikatnya dapat digunakan sebagai pendamping ijazah bagi mahasiswa Prodi Sastra Indonesia.
Sejalan dengan hal tersebut, koordinator mata kuliah Ekranisasi Sastra dan Transformasi Budaya dan Sinematografi Sastra Dr. Yenni Hayati, S.S., M.Hum., mengucapkan bahwa untuk menumbuhkan kreativitas di kalangan mahasiswa, Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah telah memfasilitasi mahasiswa dengan Laboratorium Digital Kreatif.
“Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki Laboratorium Digital Kreatif yang ditujukan untuk mahasiswa. Kreativitas ini diwariskan, saya harap hal-hal yang baik dari angkatan sekarang dapat menjadi contoh dan ditiru oleh adik-adik angkatannya. Semoga kedepannya akan ada FAFSI II, III, dan seterusnya.”
Adapun penyelenggaraan FAFSI I dilaksanakan dalam dua hari, pada Senin (10/6) dan Selasa (11/6) di Teater Tertutup Mursal Esten Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dan dihadiri sekurangnya 500 peserta. (HYS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *